Serba serbi

RINGKASAN TENTANG SUPERVISI

Pengertian dari "SUPERVISI" adalah :


"Kegiatan manajemen (POAC) yang berkaitan langsung dengan tanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas oleh karyawan di suatu organisasi atau unit kerja.
Dan SUPERVISI dilakukan pada setiap tingkat manajemen.
Yang melaksanakan SUPERVISI adalah Supervisor,penyelia,mandor,foreman,dll.
Untuk selanjutnya semua istilah di atas tadi akan kita sebut sebagai "PENYELIA".
Lalu apa fungsi utama dari tugas seorang penyelia yang dalam hal ini lebih kita fokuskan pada tingkatan "Mandor" atau "Mnajer Lini Pertama (MLP)"?.

Peran dan tugas seorang Penyelia dipandang penting karena hal-hal di bawah ini:

a. seorang mandor berperan sebagai peredam keluhan dan permasalahan yang ditimbulkan oleh para karyawan/bawahan di dalam unit kerjanya kepada pimpinan yang lebih tinggi.

b. Berperan sebagai manajer yang berhubungan langsung dengan para pelaksana,ia harus sekaligus memiliki keterampilan manajemen,kepemimpinan dan keterampilan teknis yang dilakukan dan diperlukan pada unit kerjanya.

c. Sebagai ujung tombak pengawasan karena seorang mandor berurusan/berhadapan langsung dengan karyawan di lapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar